Beranda » Uncategorized » Bupati Kasmin Hadir di Pelantikan Panwaslu Tobasa

Bupati Kasmin Hadir di Pelantikan Panwaslu Tobasa

panwasKETUA Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Toba Samosir Guntur Hutajulu melantik Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwaslucam) se-Kabupaten Tobasa di Hotel Sumatera Jalan Muliaraja Balige Senin (10/12/2012).

Pelantikannya ditandai pengambilan sumpah jabatan, penandatanganan Berita Acara Pelantikan dan penyerahan Surat Keputusan Panwascam secara simbolis oleh Ketua Panwaslu Kabupaten Tobasa kepada Panwaslucam diwakili Patuan Manurung SPd MPd dari Kecamatan Parmaksian.

Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak mengatakan pemilihan umum kepala daerah dan wakil kepala daerah di Provinsi Sumatera Utara, Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden sudah dekat. Untuk mengawasi pesta demokrasi itu dibutuhkan panitia pengawas pemilihan umum agar  pelaksanaan seluruh tahapan Pemilu berjalan aman, tertib dan lancar sesuatu amanah peraturan perundang-undangan yang berlaku. Oleh karena itu, seluruh anggota panwaslucam yang baru dilantik diharapkan menjalankan tugasnya dengan baik.

“Saya berharap panwaslucam yang baru dilantik benar-benar melaksanakan tugasnya dengan baik agar pesta demokrasi yang akan datang berjalan aman, tertib dan lancar,” sebut Bupati

Ketua Panwaslu Kabupaten Tobasa Guntur Hutajulu STh mengatakan pembentukan panitia panwaslucam itu merupakan amanah Undang-Undang yang harus dijalankan Panwalu Kabupaten. Dan sebagai implementasinya, mereka melakukan perekrutan dan menyeleksinya dengan ketat.

Karena anggota panwaslucam yang baru dilantik dinilai merupakan yang terbaik, Guntur meminta mereka menyelamatkan Pemilu di Indonesia secara khusus di Kabupaten Tobasa.

“Ini merupakan pesan Bawaslu Pusat yang harus kita laksanakan dengan baik. Karena harapannya Panwaslu merupakan pilar dalam mengimpentarisir segala pelanggaran administrasi maupun pelanggaran pidana pemilu,” ujar Guntur.

Menurut Guntur dalam menyelesaikan pelanggaran pemilu, pihaknya akan selalu berkordinasi dengan aparat Kepolisian dan Kejaksaan. Walaupun pada prinsipnya pelanggaran itu tidak diharapkan, namun upaya kordinasi untuk penyelesaiannya dengan pihak penegak hokum akan terus mereka lakukan.

Terkait pelaksanaan tugas di lapangan, Guntur berpesan agar panwalucam tidak melakukan tindakan-tindakan diskriminatif. “Jangan mau diintervensi dan diintimidasi siapapun. Jika ada segera laporkan ke Panwaslu Kabupaten untuk tindak lanjut,” tegasnya.

Pesan itu disampaikannya supaya panwaslucam tidak ragu dalam melaksanakan tugasnya, dan acara itu tidak menjadi seremonial pelantikan semata, karena menurut Gungur masih banyak tahapan yang harus dilakukan, untuk tujuan mewujudkan pesta demokrasi yang aman, tertib dan lancar.

Adapun anggota panwaslu dari Kecamatan Habinsaran berjumlah tiga orang. Ketiganya adalah Lasta Silaen, Desli Pardosi, dan Mindo Pardosi.

Acara pelantikan itu juga dihadiri Kapolsek Balige AKP Gibson Siagian, Kajari Balige Harli Siregar, Komisioner KPU Lamria Panjaitan, rohaniawan antara lain Iman Raya Manurung, Tonggo Hutajulu SE, Justinus Viator Siahaan, dan Mangisara Manurung. (http://baligenews.wordpress.com)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: